Berita

PS GESI UWP GELAR PELATIHAN JURNALISTIK

PS GESI UWP GELAR PELATIHAN JURNALISTIK

 

Dalam menunjang kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dosen juga perlu mempunyai skills di bidang jurnalistik. Pasalnya semua kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat harus dipublikasikan di media massa baik dalam bentuk berita ataupun opini. Untuk itu  Pusat Studi Gender Dan Inklusi Sosial (Ps Gesi) Universitas Wijaya Putra Menggelar Pelatihan Jurnalistik. Hadir sebagai narasumber Bpk. Wahyu Kuncoro, ST., M.MedKom. selaku Pimpinan Redaksi harian Bhirawa.

 

 

Untuk memenuhi tuntutan tugas-tugas dosen di era informasi dan teknologi industry 4.0 setiap dosen perlu memiliki ketrampilan atau kompetensi di bidang penulisan. Kali ini kompetensi menulis yang ingin ditingkatkan lebih difokuskan pada penulisan jurnalistik berita dan opini di media massa. Kompetensi menulis artikel ilmiah tentu sudah sangat dikuasi oleh para dosen, Namun untuk kemampuan dalam bidang penulisan jurnalistik dan opini di media massa ini tentu belum semua dosen menguasainya padahal dosen juga dituntut untuk mempublikasikan kegiatan Tri Dharma PT khususnya kegiatan penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat juga harus dipublikasikan di media cetak ataupun media online, demikian penjelasan Dr. Sri Juni Woro Astuti selaku Ketua PS GESI UWP ketika membuka acara tersebut.

 

Pelatihan ini digelar di Gedung E (ruang E2) pada hari Rabu, tanggal 2 Februari 2022 diadakan secara luring terbatas karena masih dalam suasana siaga Covid-19 sehingga jumlah peserta dibatasi maksimal 30 orang.  Dengan antusias seluruh peserta menyimak seluruh materi pelatihan yang tidak hanya diisi dengan ceramah dari narasumber tetapi peserta juga diajak langsung mempraktekkan cara menulis berita dengan mengangkat topikaktual hari ini. Selain penulisan berita, pelatihan yang diberikan juga tentang penulisan artikel/ opini/ feature. Dalam menulis artikel, pengetahuan hal ihwal kriteria artikel yang layak muat sangat diperlukan, dan hal itu bisa dipelajari sendiri oleh penulis dengan cara mencermati artikel-artikel yang sudah dimuat di media massa yang akan dituju.

 

Meskipun kegiatan ini tidak berkaitan secara langsung dengan Misi PS GESI, namun pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan budaya literasi ditengah maraknya berita-berita hoax. Diharapkan para peserta yang mayoritas adalah perempuan ini dapat lebih mengekspresikan kemampuan literasinya dalam bentuk tulisan yang informatif dan edukatif bagi masyarakat luas, Selain itu dengan menulis di media massa juga dapat menambah angka kredit yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan jabatan Fungsional dosen dan tentu saja tujuan yang lebih utama adalah untuk mendukung peningkatan kinerja Universitas Wijaya Putra secara keseluruhan, demikian ungkap Yuni Woro, nama panggilan dari Ketua PS GESI dan sekaligus Dekan FISIP UWP. 

  • Admin
  • 03 Feb 2022 , 10:03 WIB